Hari Hari mu adalah Umur mu..

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء // Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

Telah berkata tabiin yang mulia Hasan Al Basri Rahimahullah : ” wahai anak adam sesungguhnya kalian itu adalah hari maka tatkala telah berlalu hari itu maka berkuranglah umurmu “.

Ia juga berkata : “Sesungguhnya seorang mu’min akan merasa sedih di pagi dan sore hari, dan tidak ada jalan lain kecuali itu, karena sesungguhnya ia akan selalu berada diantara dua ketakutan, antara dosa yang telah lalu, dia tidak tahu apakah yang akan diperbuat oleh Allah terhadapnya, dan masa yang tersisa, yang dia tidak tahu mushibah apa yang bakal menimpanya”.

“Wahai anak manusia injakkan kakimu ke bumi, karena sebentar lagi engkau akan menginjak kuburmu, engkau akan menghancurkan umurmu begitu begitu engkau keluar dari rahim ibumu”.

“Wahai anak manusia, sesungguhnya engkau adalah hari-hari, semakin hari itu pergi maka sebagian dirimu telah pergi”.

Dan telah berkata Umar Ibnu Abdul Aziz –semoga Allah merohmatinya- : “Sesungguhnya siang dan malam itu mengambil waktu & umurmu maka ambillah manfaat / gunakanlah untuk beramal pada siang &malam itu.”

Telah berkata Ibnu Mas’ud – semoga Allah meridhoinya- : “Tidaklah aku menyesali atas sesuatu akan tetapi yang aku sesali adalah berlalunya satu hari & terbenamlah mataharinya, & berkuranglah umurku akan tetapi tidak bertambah amalanku pada hari itu.”





4 Comments to “Berkurangnya umur”

  1.   ce | April 25th, 2010 at 2:40 pm     

    selamat ‘berkurangnya umur’..
    barokallah dg jejak2 yg terukir dari dulu, skrg dan esok..

  2.   nieza | April 26th, 2010 at 10:59 am     

    Terima kasih atas artikel nya…itu sangat bermanfaat bagi saya

  3.   yuli | April 26th, 2010 at 11:14 am     

    Nice post..
    semoga tulisannya dapat menggugah hati umat manusia..
    amin..
    semoga bermanfaat,,

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

  4.   masjoy | October 8th, 2010 at 9:38 am     

    ijin kopas yak gan.. matur nuwun,,,,

    [WORDPRESS HASHCASH] The poster sent us ‘0 which is not a hashcash value.

Leave a Comment