Hari Hari mu adalah Umur mu..

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء // Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

Indonesia Innovation Conference 2010, Peresmian Indosat Innovation Lab dan Grand Final Iwic Ke-5



Apresiasi untuk Negeri di 43 Tahun, Indosat Hadirkan Grand Final IWIC ke-5
– Mengokohkan komitmen untuk selalu berinovasi di 43 tahun usianya, Indosat menyelenggarakan Grand Final Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-5. IWIC bertujuan untuk mendorong tumbuhnya kreatifitas dalam bidang teknologi, khususnya nirkabel (wireless), sekaligus ajang kompetisi dan apresiasi karya inovasi wireless generasi muda Indonesia. Grand Final IWIC 2010 ini melahirkan 20 nominator muda yang menghadirkan berbagai karya kreatif dan inovatif dalam berbagai kategori. Tampak dalam gambar President Director & CEO Indosat, Harry Sasongko (4 dari kiri/tengah) bersama para pemenang IWIC 2010 saat acara Grand Final IWIC 2010 di Kantor Pusat Indosat (23/11).

Apresiasi untuk Negeri di 43 Tahun, Indosat Hadirkan Innovation Lab – Komitmen Indosat untuk terus berinovasi serta mendukung inovator muda, Indosat hadirkan Innovation Lab. Inovation Lab ini merupakan wadah dan pusat pertemuan para pengembang aplikasi dan inovator muda untuk bereksperimen dan berdiskusi secara intensif dalam mengembangkan aplikasi berbasiskan sistem handset yang ada di pasar. Didukung oleh mitra-mitra seperti BlackBerry, Ericsson Indonesia, ZTE, IM2, HP, Cisco dan Panasonic, Indosat Innovation Lab pertama hadir di Gedung Indosat Jakarta dan direncanakan akan dibangun pula di 2 kota lainnya yaitu Bandung dan Yogyakarta untuk memfasilitasi para inovator dan developer muda di kota-kota di luar Jakarta. Tampak dalam gambar Dirjen Postel Bapak Budi Setiawan (paling kanan) didampingi President Director & CEO Indosat, Harry Sasongko (2 dari kanan) dan Rachmat Gobel, Komisaris Indosat, ketika mendengarkan penjelasan dari Dede Rusnandar, Group Head Network Resources Management Indosat saat peresmian Innovation Lab di Kantor Pusat Indosat (23/11).

Indonesia Innovation Conference Apresiasi untuk Negeri di 43 Tahun – Indosat menghadirkan Indonesia Innovation Conference 2010. Konferensi ini merupakan konferensi internasional pertama di Indonesia yang membahas aplikasi dan teknologi telekomunikasi. Indonesia Innovation Conference 2010 merupakan bagian dari misi Indosat dalam rangka menumbuhkan dan membangun semangat berinovasi di kalangan generasi muda Indonesia, sejalan dengan komitmen perusahaan yang selalu berupaya menghadirkan inovasi dalam setiap layanan telekomunikasinya kepada masyarakat Indonesia. Konferensi diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai kalangan antara lain regulator/pemerintah, pengembang aplikasi, pelaku bisnis dan komunitas industri telekomunikasi, kalangan akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya. Tampak dalam gambar, President Director & CEO Indosat, Harry Sasongko saat memberikan sambutan di pembukaan IIC yang berlangsung di Kantor Pusat Indosat (23/11).

Apresiasi untuk Negeri di 43 Tahun Indosat Hadirkan :
Indonesia Innovation Conference 2010, Peresmian Indosat Innovation Lab dan Grand Final Iwic Ke-5

Jakarta, 23 November 2010 – Mengokohkan komitmen untuk selalu berinovasi di 43 tahun usianya, PT Indosat Tbk (Indosat) menyelenggarakan Indonesia Innovation Conference 2010 yang merupakan konferensi yang membahas aplikasi dan teknologi telekomunikasi internasional pertama yang diselenggarakan di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama, Indosat juga menyelenggarakan Grand Final IWIC ke 5 (Indosat Wireless Innovation Contest) yang merupakan ajang kompetisi dan apresiasi terhadap berbagai karya inovasi wireless generasi muda Indonesia yang telah memasuki tahun kelima. Acara dibuka oleh Dirjen Postel, Bapak M. Budi Setiawan. Dalam acara ini, Indosat juga meresmikan Indosat Innovation Lab, berlokasi di Gedung Indosat, Jakarta, sebagai wadah para pengembang aplikasi melakukan eksperimen.

”Indonesia Innovation Conference 2010 merupakan bagian dari misi Indosat dalam rangka menumbuhkan dan membangun semangat berinovasi di kalangan generasi muda Indonesia, sejalan dengan komitmen perusahaan yang selalu berupaya menghadirkan inovasi dalam setiap layanan telekomunikasinya kepada masyarakat Indonesia”, demikian disampaikan President Director & CEO Indosat Harry Sasongko saat pembukaan konferensi hari ini di Gedung Indosat.

Indonesia Innovation Conference 2010 menghadirkan pembicara dari berbagai perusahaan multinasional berbasis informasi dan teknologi, dengan topik beragam tentang inovasi dan aplikasi dalam bidang telekomunikasi, antara lain Kenny Mathers dari Forum Nokia, Tim Cloonan dari Alcatel Lucent, Charles Karsten dari NSN, Rajiv Niles dari Cisco, Johan Kremer dari RIM, Ira Soekirman dari Roy Morgan, Hardyana Syintawati dari Ericsson Indonesia, Dewie Pelitawati dari Bahar & Partners, Andy Zain dari Mobile Monday Indonesia, Daniel Armanto dari Application Success Case Study:Koprol dan Patric SIM dari ZED Worldwide. Konferensi diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai kalangan antara lain regulator/pemerintah, pengembang aplikasi, pelaku bisnis dan komunitas industri telekomunikasi, kalangan akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum lainnya.

Indonesia Innovation Conference 2010 yang berlangsung di Kantor Pusat Indosat ini terselenggara dengan dukungan beberapa mitra perusahaan yaitu Nokia Siemens Networks, Alcatel Lucent, Nokia & Cisco.

Masih dalam rangka mewujudkan komitmen berinovasi, Indosat akan mengembangkan sistem inkubasi untuk membantu para pengembang aplikasi dan inovator muda serta memberikan wadah bagi mereka, dengan menghadirkan . Indosat Innovation Lab. Innovation Lab disediakan untuk para pengembang aplikasi dan inovator muda untuk bereksperimen dan berdiskusi secara intensif. Untuk memenuhi kebutuhan tersbeut, Indosat Lab dilengkapi dengan berbagai sarana antara lain Ruang Demo (demo room), Ruang Seminar (conference room), Ruang Pengembang (developer room) serta dilengkapi dengan akses broadband HSPA+ 42 Mbps. Demo Room dapat dimanfaatkan para developer untuk mencoba berbagai aplikasi terkini dari produsen gadget seperti BlackBerry dan lain-lain. Sementara Developer Room sendiri dapat diakses oleh para developer melalui web portal dengan melakuakan registrasi terlebih dahulu di http://innovation.indosat.com

Direncanakan laboratorium sejenis akan dibangun pula di 2 kota lainnya yaitu Bandung dan Yogyakarta untuk memfasilitasi para inovator dan developer muda di kota-kota di luar Jakarta.

Sebagai mitra utama Indosat Innovation Lab di Jakarta adalah Blackberry dan mitra teknologi adalah Ericsson , ZTE, Cisco, HP, Panasonic dan IM2.

”Kehadiran Innovation Lab ini akan menjadi pusat pertemuan para inovator muda dalam melakukan eksperimen dalam mengembangkan aplikasi berbasiskan berbagai sistem handset yang ada di pasar. Pada tahap awal Indosat bekerjasama dalam mengembangkan aplikasi berbasiskan sistem Blackberry. Di Lab ini juga tersedia sarana dan prasarana untuk melakukan komunikasi dan eksperimen bagi masyarakat khususnya generasi muda yang berminat dalam bidang pengembangan aplikasi,” demikian ditambahkan Harry Sasongko.

Sementara itu, komitmen Indosat sendiri membangun generasi muda juga diwujudkan dalam program IWIC atau Indosat Wireless Innovation Contest yang telah memasuki tahun kelima penyelenggaraannya telah menghasilkan total lebih dari 1500 karya kreatif dan inovatif di bidang wireless. Beberapa diantaranya telah berhasil diaplikasikan menjadi layanan yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Grand Final IWIC ke 5 tahun 2010 berhasil melahirkan 20 nominator muda yang menghadirkan berbagai karya dalam beberapa kategori. Salah satu karya inovatif dan mendapat nilai tertinggi adalah karya Andry peserta dari Bandung untuk juara I kategori Pengembangan Aplikasi Commmerce Android dengan karya Sixth Sense, yaitu aplikasi yang memberikan notifikasi peringatan adanya bencana di sekitar pengguna sehingga pengguna dapat lebih waspada dan menyelamatkan diri sebelum bencana tersebut sampai ke lokasi pengguna. Karya terbaik lainnya berjudul Online Trade Advisor, karya Irvan Prama Devindal dari Padang, juara I kategori Pengembangan Aplikasi Commmerce Broadband. Karya tersebut menerapkan konsep multi agent system untuk mendukung penjual online dalam menentukan strategi penjualan. Masih banyak karya terbaik yang keluar dari IWIC 2010, untuk hasil kompetisi secara lengkap dapat di lihat dalam factsheet terlampir release ini.

”Berbagai inisiatif dalam menumbuhkan dan mengembangkan inovasi tersebut kami tujukan untuk mendukung program pemerintah mempercepat terwujudnya masyarakat teknologi dan informasi Indonesia melalui pengembangan inovasi di kalangan generasi muda. Pada akhirnya upaya kami ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa melalui sektor telekomunikasi nasional yang mampu berbicara di kancah telekomunikasi global,” demikian Harry Sasongko menutup penjelasannya.

Sebagai mitra dalam penyelenggaraan IWIC ke 5 adalah Ericsson, Kompas Gramedia Grup (PC Plus, Sinyal, Forsel dan Hotgame) dan IM2.

Tentang Indosat
Indosat adalah penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan selular (Mentari, Matrix dan IM3), layanan telekomunikasi tetap atau telepon tetap (SLI 001, SLI 008 dan FlatCall 01016, layanan fixed wireless StarOne dan layanan telepon tetap, Indosat Phone). Perusahaan juga menyediakan layanan multimedia, internet dan komunikasi data (MIDI) melalui anak usahanya, Indosat Mega Media (IM2) dan Lintasarta. Indosat juga menjadi pelopor penyedia layanan pasca bayar dan prabayar seluler 3,5G dengan teknologi HSPA+. Dan saham Perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT) dan saham dalam bentuk American Depositary Shares tercatat di Bursa Efek New York (NYSE:IIT).

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :
Public Relations Indosat
Telp : 62-21-3869614
Fax : 62-21-30003754
E-mail : publicrelations@indosat.com
Website : www.indosat.com

=================================================

FACTSHEET 5TH IWIC 2010

Nama Program
5th Indosat Wireless Innovation Contest 2010

Latar Belakang

  • Merupakan tanggung jawab sosial Indosat kepada masyarakat untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap konten wireless yang membantu aktifitas keseharian
  • Adanya trend pemanfaatan teknologi wireless yang makin membutuhkan mobility dan utility, baik untuk kegiatan bisnis, sosial maupun pendidikan.
  • Adanya kecenderungan masyarakat Indonesia saat ini menempatkan diri sebagai pengguna/konsumen dan bukannya pencipta, produsen, atau inovator
  • Ikut mengembangkan wirausaha dibidang wireless khususnya generasi muda

Tema Kontes
“Inovasi Wireless untuk Wujudkan Impian Indonesia”

Definisi program
Kompetisi INOVASI pengembangan aplikasi wireless untuk mendukung seluruh aspek kehidupan masyarakat (komersial, social) dan kompetisi Karya Tulis dalam perkembangan Teknologi Komunikasi.

Tujuan

  • Menumbuhkan budaya inovasi dan berkreasi khususnya bagi generasi muda
  • Mengembangkan generasi muda yang tidak saja inovatif tetapi juga memiliki kemampuan wirausaha bidang wireless
  • Meningkatkan minat masyarakat terhadap industri aplikasi dan konten wireless yang membantu keseharian
  • Merubah paradigma masyarakat sebagai pengguna menjadi masyarakat yang produkif, berkreasi, dan berinovasi
  • Menumbuhkan nilai dan budaya inovasi serta memberikan wadah untuk berkompetisi bagi generasi muda dalam bidang wireless

Kategori Program

  1. Wireless Application (WA)
    • Berupa software program aplikasi pemanfaatan teknologi wireless
    • Ditujukan bagi perorangan atau induvidu mahasiswa dan masyarakat umum
    • Dibagi dalam 2 (dua) sub kategori, meliputi:
      • Komersial
      • (aplikasi untuk pengembangan aktifitas komersial, seperti aktivitas mobile advertising, mobile tracking and navigation, mobile payment, mobile learning, maupun terkait dengan kegiatan mobile traveller / roaming)

      • Games & Entertainment
      • (aplikasi untuk pengembangan terkait games / permainan yang atraktif dan interaktif, jejaring sosial (social networking, instant messaging, video messaging, dll)

  2. Kategori Penulisan Karya Tulis Berupa karya tulis Ditujukan bagi pelajar SMP/SMA, Mahasiswa dan Wartawan / Pelajar


Syarat dan Ketentuan (Kategori WA)

  1. Karya dapat dijalankan atau diaplikasikan di berbagai platform (khusus Android, dapat diaplikasikan ke handset berplatform Android.
  2. Karya harus original, unik, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain sebelumnya
  3. Karya yang terpilih menjadi pemenang, akan direview oleh Indosat dalam kurun waktu 3 bulan untuk dapat ditindaklanjuti sebagai fitur yang akan dikomersialkan Indosat dan akan dilakukan negosiasi terpisah.

Syarat dan Ketentuan (Kategori Karya Tulis)

  1. Karya merupakan hasil tulisan original dan tidak ataupun belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi sejenis.
  2. Karya yang terpilih dapat ditindaklanjuti oleh Indosat sebagai materi untuk peningkatan pelayanan telekomunikasi kepada masyarakat

=============

Jumlah Karya yang telah dihasilkan dalam 5th IWIC 2010
Kurang lebih telah dihasilkan 300 karya dan ide kreatif dari para peserta

Jumlah Karya sepanjang penyelenggaraan IWIC

Hingga tahun ke 5 penyelenggaraannya, IWIC telah berhasil mengumpulkan kurang lebih 1500 karya dari para peserta

KARYA IWIC YANG SUDAH DIREALISASIKAN

Salah satu karya pemenang 1 dalam pengembangan software, Budi Daryatmo, yang berjudul Super SMS Membuat Aplikasi Menjadi Semakin Killer, dijadikan sebagai produk Indosat yang bernama SMS ZIP.

“Super SMS merupakan aplikasi binary SMS dengan fitur utama berupa peningkatan jumlah karakter menjadi 212 karakter per SMS, penerapan emoticon (gambar ekspresi) yang lebih memberikan ekspresi dalam berkomunikasi melalui SMS, didalamnya termasuk pengiriman SMS secara otomatis, autentikasi, pengkodean pesan, referensi kata, serta statistik untuk mengetahui total SMS yang dikirim”

Info mengenai SMS ZIP
http://wap.indosat.com/sms_zip.php
http://www.indosat.com/Mobile_Features/More_Features/SMS_ZIP

Info mengenai IWIC
www.indosat.com/iwic
www.i-wirelessinnovation.com

PENGHARGAAN

  • The Best CSR Program 2006, dalam ajang Selular Award
  • The Best CSR Program 2007, dalam ajang Selular Award
  • The Best PR Program of The Year 2009 dengan kategori Silver, yang diselenggarakan oleh Majalah MIX – Marketing Xtra 2009
  • The Best CSR Program, Broadband Award 2009
  • The Best CSR Program, Golden Ring Award 2010

DAFTAR PEMENANG IWIC 2010

Pengembangan Aplikasi Commerce

Android 1. Andry Karya: Sixth Sense
2. Harry Prasetyo Karya: Mampus
3. Putri Chairina Karya: Android Wedding Planner
BlackBerry 1. Anton Rifco Susilo Karya: Business in the Move
2. Ardian Franindo Karya: Babyboo
Broadband 1. Irvan Prama Devindal Karya: Online Trade Advisor
2. Didik Dwi Prasetyo Karya: Interactive Multimedia Learning System
3. Dian Wahyudi Karya: Schetika
Other Devices 1. Iwan Wijaya Karya: Smart Taxi V2
2. Bellina Rachman Saleh Karya: M Payment for UKM
3. Alfandra Tiaputra Karya: Kuis Iklan

Pengembangan Aplikasi Games & Entertainment

Android 1. Nur Ichsan Utama Karya: SS Games
2. M. Khasan Imaduddin Karya: Java Gamelan Imulator
3. Diaz Hendriarto Karya: CityGo
Broadband 1. Roland Prima Yoga Karya: ANOA
2. Devid H. Wahid Karya: Liarbook
3. Hanif Affandi Hartanto Karya: Sherina Code
Other Devices 1. Sandy Marly Colondam Karya: Menoo
2. Satria Wardana Karya: Kompresi SMS
3. Dwija Wisnu Brata Karya: Spacejet Education Map

Kategori Karya Tulis

Mahasiswa/Umum 1. Sandi Akbar Nusantara Karya: Disaster Communication
2. Sony Wirawan Karya: Traffic Map
3. Redi Ramli Karya: Real Time Busway
SMP/SMU 1. Muhammad Galih Utomo Karya: Parking Locator
2. Natasya Karya: Wifi pengisian battery BB
3. Nailul Husna Karya: Belajar Kelompok dengan DMB
CHALLENGING * Fahma Waluya-Hania Pracika Karya: Ayo Membuat Game

Karya Tulis Wartawan

JUARA 1. Vaksiandra Nuryadi Karya: Mari Menghitung Biaya Modal Advertising
2. Adrian Fauzi Karya: Ultraport, Aplikasi Android Anti Macet
3. Richard W.H Napitupulu Karya: Penanggulangan Konten Negatif
HARAPAN 1. Uteng Iskandar Karya: Sukses Android di Tangan Operator
2. Lukman Aribowo Karya: Merengkuh Asa Pengembang Aplikasi
3. Heru Prayitno Karya: Aplikasi Tanpa Batas dalam Genggaman

10 KARYA PILIHAN/FAVORIT

1. Setyanividita Livikacansera Karya: Layanan Data akan Geser SMS
2. Suci Sekarwati Agus Karya: Iklan di Ponsel Pun Makin Gencar
3. Fita Indah Maulani Karya: Geliat Indosat di LTE
4. Rita Karya: Mudah Tidak Harus Mahal
5. Sigit Rahmawan Abadi Karya: Sinergi Indosat dan B Post
6. Olih Solihin Karya: Internet Murah Bisnis Internet Bergairah
7. Gustina Asmara Karya: Akses Internet Cepat dengan Akses 3G Indosat
8. Chandra Wirawan Karya: Mengantisipasi Bencana Alam secara Dini via Ponsel
9. Didik Mashudi Karya: Lambat Membuat Regulasi
10. Harjoni Desky Karya: Manfaat Teknologi Nirkabel untuk Masyarakat


Beberapa karya IWIC yang memperoleh perhatian dan penilaian tertinggi dari Dewan Juri


Juara I Pengembangan Aplikasi Commerce Android
Judul : Sixth Sense
Kaya : Andry

“Sixth Sense adalah aplikasi yang akan memberikan notifikasi peringatan adanya bencana yg terjadi di sekitar pengguna sehingga pengguna dapat lebih waspada dan dapat menyelamatkan diri sebelum bencana tersebut sampai ke lokasi tempat dia berada. Dengan menggunakan media handphone untuk memberikan notifikasi,dalam kondisi apapun peringatan tersebut dapat dgn cepat tersampaikan & segera disadari pengguna”

Juara I Pengembangan Aplikasi Commerce BlackBerry
Judul : Business in the Move
Karya : Anton Rifco Susilo

“imagine a condition where SME(small medium enterprise) or even a personal businessman can have a supporting system that makes customer interraction becoming more friendly with minimum investment. “Business on the Move” enables enterpreneur to maximize their potentials”

Juara I kategori Pengembangan Aplikasi Commerce Broadband
Judul Karya : Online Trade Advisor
Karya : Irvan Prama Devindal

“Inovasi teknologi yang menerapkan konsep multi agent system untuk mendukung penjual online dalam menentukan strategi penjualan. Decision Support System ini merupakan implementasi konsep marketing terkini”

Juara I Pengembangan Aplikasi Commerce Other Devices
Judul : Smart Taxi V2
Karya : Iwan Wijaya Suharto

“Smart taxi, sistem terintegritas untuk mempermudah & mempercepat proses pemesanan taksi dengan biaya yg efisien,memenuhi kebutuhan pengguna bermobilitas tinggi”

Juara I kategori Pengembangan Aplikasi Android Games & Entertainment
Judul : SS Games
Karya : Nur Ichsan Utama

“SSgames merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk mengamankan smartphone android. Aplikasi ini dilengkapi tiga fitur utama keamanan dan satu fitur tambahan. Tiga fitur utama tersebut digunakan untuk mengamankan smartphone untuk tiga tujuan berbeda yaitu tracking smartphone jika dicuri orang (deteksi IMSI pada service background), tracking smartphone untuk mengetahui keberadaan smartphone pada kondisi sedang disilent (alert suara dgn trigger sms), tracking smartphone untuk mengetahui lokasi meskipun kartu atau IMSI tidak berubah (dptkan informasi lokasi dgn trigger sms). Selain tiga fitur utama tersebut, aplikasi ini dilengkapi satu fitur tambahan berupa games, fitur ini digunakan untuk menyamarkan aplikasi agar orang yg ‘mencuri’ smartphone ini tidak mengetahui bahwa aplikasi ini adalah aplikasi keamanan”

Juara I kategori Pengembangan Aplikasi Broadband games & entertainment
Judul : ANOA
Karya : Rolan Prima Yoga

“Anoa (a noble of arts), adalah inovasi teknologi yang memberikan kesempatan bagi anak negeri untuk berkreasi dalam seni tanpa memandang status, golongan, dan jenis musik, sehingga diharapkan mampu memberikan sebuah pencerahan dalam industri musik dan perkembangan budaya di tanah air pada masa yang akan datang “

Juara I kategori Pengembangan Aplikasi Other Devices Games & Entertaintmen
Judul : Menoo
Karya : Sandy Marly Colondam

“Menoo adlh aplikasi LBS yang membantu penggunanya menemukan makanan terenak atau menu spesial lainnya di sekitar pengguna. Dengan Menoo, pengguna dapat jg mengetahui makanan apa yg paling direkomendasikan dalam sebuah restoran, berdasarkan review pengguna menoo lainnya. Fitur lainnya mencakup Menoor (penemu menu), Adictood (fans berat menu tertentu) dan Signatoore (didapat dengan memenuhi kriteria tertentu). Juga ada social game yang disebut ‘noobchef’”

sumber : www.Indosat.com





2 Comments to “Indonesia Innovation Conference 2010, Peresmian Indosat Innovation Lab dan Grand Final Iwic Ke-5”

  1.   abelbagoes | December 2nd, 2010 at 11:55 am     

    selamat di, mantab

  2.   redy | December 3rd, 2010 at 3:50 pm     

    ok bel bel .. heheh

Leave a Comment