Hari Hari mu adalah Umur mu..

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء // Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

Seorang laki-laki datang menemui Wahb bin Munabbih. Laki-laki itu berkata kepadanya, “Si Fulan mencelamu.” Wahb bin Munabbih berkata, “Apakah syaithan tidak menemukan tukang pos selain kamu?”
(Mukhtashaar Minhaaj -l Qaashidin, Al-Maqdisy, 3/45)

Wahai saudaraku ahlussunnah, janganlah engkau menjadi tukang-tukang pos syaithan, yang berusaha mengirimkan titipan-titipan syaithan untuk menghembuskan fitnah permusuhan di antara saudaramu ahlussunnah, hanya gara-gara perbedaan pendapat di dalam satu atau dua masalah fiqhiyyah far’iyyah ijtihaadiyyah.
Bukankah engkau mengetahui di kalangan ulama ahlussunnah banyak terdapat perbedaan pendapat, bukan hanya satu atau dua masalah saja, bahkan hampir di semua bab fiqh. Atau engkau belum pernah belajar fiqh para ulama sehingga dengan mudahnya memusuhi saudaramu sendiri hanya disebabkan dia tidak sependapat denganmu dalam satu masalah khilaafiyyah?
لا تكونوا عونا للشيطان على أخيكم
“Janganlah kalian menjadi penolong-penolong syaithan dalam memusuhi saudara kalian.”
(HR. Ahmad, no.4168, Syaikh Al-Arnauth berkata, “Hadits ini hasan dengan syawahidnya)





Leave a Comment