Hari Hari mu adalah Umur mu..

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء // Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

Para ulama sudah banyak menjelaskan, bahwa kenikmatan itu terbagi menjadi 2. Ada kenikmatang yang dirasakan oleh jasad/badan, dan ada kenikmatan yang dirasakan oleh ruh. Dan kenikmatan kedua inilah yang terbesar. Dan diantara kenikmatan ruh itu ialah berkumpul dan hadir di halaqoh-halaqoh ilmu. Ialah sebuah kenikmatan yang luar biasa dan tidak semua orang merasakanya kecuali oleh orang-orang yang merasakannya saja. Apakah anda kira mudah mencari orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya ? Apakah mudah menemukan seorang atau dua orang yang menyandarkan hatinya kepada kitabullan dan sunnah rasululullah shalallahu’alihi was salam?

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء

Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )





Leave a Comment