Hari Hari mu adalah Umur mu..

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء // Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

XL Axiata menjadi operator yang tercepat melakukan retuning radio untuk migrasi 3G di frekuensi 2.1 GHz. Anak usaha Axiata ini tercatat telah menghidupkan blok kanal ketiganya (3rd carrier) di 14 propinsi.

3rd carrier ini mulai dioperasikan XL di blok kanal yang ditinggalkan Indosat. Tercatat area yang sudah dioperasikan adalah Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Timur, Jambi, dan Lampung.

“Yang belum di XL masih tinggal enam propinsi lagi,” kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo, di Jakarta, Senin (1/7/2013).

Sementara Indosat yang berpindah ke blok kanal yang sebelumnya ditempati Hutchison 3 Indonesia (Tri) telah melakukan retuning di lima propinsi seperti Aceh, Lampung, Kalimantan Timur, Bengkulu, dan Jambi.

“Propinsi yang masih on going untuk Indosat di Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Jakarta, dan Kepulauan Riau,” papar Gatot.

Sementara Tri yang bergeser ke blok kanal bekas Axis, tercatat sudah retuning di 12 propinsi, seperti Aceh, Jambi, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.

Sedangkan Axis Telekomunikasi Indonesia yang bergeser dua kanal ke blok 11 dan 12 baru menyelesaikan tiga propinsi, yakni di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Timur.

“Axis yang lagi on going di Bali, Nusa Tenggara Barat, Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Yang belum dimulai di empat propinsi, yakni Sumatera Utara, Aceh, Yogyakarta, dan Riau,” jelas Gatot.

Terakhir, Telkomsel yang menempati satu blok tambahan untuk 3rd carrier di blok bekas Axis sejauh ini baru menghidupkan kanal barunya di empat propinsi, yakni Aceh, Lampung, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan.

“Masih ada 18 propinsi lainnya yang belum dihidupkan Telkomsel,” pungkas Gatot

Banyak daerah yang terkena interferensi akibat tata ulang jaringan 3G ini.

FYI : Interferensi adalah interaksi antar gelombang di dalam suatu daerah. Interferensi dapat bersifat membangun dan merusak. Bersifat membangun jika beda fase kedua gelombang sama sehingga gelombang baru yang terbentuk adalah penjumlahan dari kedua gelombang tersebut. Bersifat merusak jika beda fasenya adalah 180 derajat, sehingga kedua gelombang saling menghilangkan.

http://www.privatessh.com/2013/07/laporan-perkembangan-tata-ulang.html

 

Berikut beberapa hasil pengamatan yang dilakukan oleh tim NPM AXIS West Java

Dear All,

 

Here is worst cells seem impacted due to TSEL F3 Activation

Site Location:

Description: cid:image004.png@01CEB3F4.CC82CF40

 

 

 

Bandung , 25 September 2013.

Wahana Bakti Pos Building, 6th floor

PT. HTI





Leave a Comment