Hari Hari mu adalah Umur mu..

العلماء هم ضالتي في كل بلدة وهم بغيتي ووجدت صلاح قلبي في مجالسة العلماء // Orang-orang yang berilmu agama adalah orang yang kucari di setiap tempat. Mereka adalah tujuan yang selalu kucari. Dan aku menemukan keshalihan hatiku di dalam bergaul dengan mereka. (حلية الأولياء وطبقات الأصفياء , IV/85 )

Logical Channel Pada TRX GSM

jaringan September 27th, 2013

http://www.mobileindonesia.net/satu-kota-satu-bts-per-operator/

Tidak semua TS dalam TRX dapat digunakan sebagai kanal trafik percakapan pelanggan (TCH). Ada TS yang harus dialokasikan sesuai dengan tugas masing-masing logical channel. Logical channel TCH tentu saja berfungsi sebagai kanal untuk pelanggan melakukan percakapan. Melalui logical channel ini operator mendapatkan revenue voice-nya.

Selain itu, ada 2 logical channel lain yang disebutkan sebelumnya dengan fungsinya: 1) logical channel yang akan dipakai oleh BTS untuk menyediakan sinyal -logical channel ini disebut sebagai Broadcast Control Channel atau BCCH-; 2) Logical channel yang akan dipakai oleh handphone untuk mendapatkan akses percakapan ke BTS –logical channel ini disebut Random Access Channel atau (RACH). Ini hanya beberapa dari logical channel yang tersedia untuk melakukan fungsi komunikasi GSM.

Beberapa, tetapi tidak semua, akan diuraikan di sini. RACH dipakai oleh handphone yang akan melakukan panggilan saja. Jika handphone tersebut menerima panggilan maka BTS akan menggunakan logical channel yang disebut Paging Channel (PCH) untuk memberitahu handphone tersebut. Jika handphone tersebut menjawab panggilan BTS, melalui PCH, maka BTS akan menyediakan 1 logical channel buat handphone untuk melakukan persiapan panggilan, yang disebut Stand Alone Dedicated Control Channel atau SDCCH. Selain membantu TCH, SDCCH juga adalah kanal yang dipakai untuk mengirim dan menerima SMS.

Setiap sektor BTS harus memiliki kanal BCCH masing-masing. Jika 1 BTS memiliki 3 sektor maka BTS tersebut wajib memiliki 3 BCCH. Sebenarnya BCCH menentukan independensi dan identitas suatu sektor sehingga menjadi unik. Selain BCCH, 1 sektor harus memiliki beberapa kanal SDCCH. Sisanya bisa digunakan sebagai kanal trafik yang menghasilkan uang.

Dengan contoh sederhana lagi, jika 1 sektor BTS memiliki 4 TRX (masing-masing 8 TS) maka berikut kira-kira pembagian logical channel-nya: pada TRX I akan ditempatkan BCCH dan SDCCH. 1 TS untuk BCCH, 2 TS untuk SDCCH dan sisa 5 TS pada TRX I dan 3 TRX lainnya akan dipakai semuanya untuk TCH, sehingga total TS TCH ada 5 + 3×8 = 29 TS.

Bagaimana dengan RACH & PCH yang disebutkan sebelumnya? Secara bergantian mereka akan memakai TS yang digunakan SDCCH sehingga tidak ikut dihitung sebagai TS khusus. Kemungkinan akan ada logical channel lain yang ingin dipakai di sektor tersebut seperti logical channel untuk cell broadcast (CBCH) atau logical channel untuk GPRS dan EDGE (PDCH). Penambahan logical channel akan mengurangi kanal TCH secara keseluruhan.





Leave a Comment